40 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Pada Tubuh

Apel termasuk buah mewah, karena harganya cukup mahal dan tidak semua kalangan sering menikmatinya. Meskipun demikian tidak ada salah sanya kalau kita bahas mengenai seputar Manfaat Buah Apel yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsinya atau mengolahnya, karena memang buah apel memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Sebelum kita bahas apa saja Manfaat Buah Apel, ada baiknya kalau kita perkenalan terlebih dahulu dengan buah yang menginspirasi Hukum Newton 2 ini. Tahukah anda, apel termauk famili Rosaceae dan memiliki nama latin Pyrus malus.

Kandungan Nutrisi Buah Apel

Selain senyawa pektin, dalam satu buah apel ukuran 100 gram juga terkandung banyak zat gizi. Diantaranya Kalori (58 kalori), Hidrat arang (14,9 gram), Lemak (0,4 gram), Protein (0,3 gram), Kalsium (6 mg), Fosfor (10 mg), Zat Besi (0,3 mg), Vitamin A (90 SI), Vitamin B1 (0,04 mg), Vitamin C(5 mg) dan Air (84 %).
 
Buah ini juga bermanfaat untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti susah buang air besar, mengobati diare hingga mengatasi diabetes. Masih ada  banyak lagi manfaatnya yang harus anda ketahui baik untuk kesehatan juga untuk perawatan kecantikan.

Buah Apel Merah


Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

Berikut ini setidaknya ada 40 manfaat buah apel yang bisa kita peroleh yang kami rangkum dari berbagai sumber, simat selengkapnya di bawah ini:

1. Sistem pencernaan

Mengkonsumsi dua buah apel setiap hari dapat membantu mencegah penyakit pada sistem pencernaan, seperti konstipasi dan diare. Hal ini karena serat dalam apel membantu menyerap air dalam usus dan melancarkan sistem pencernaan.

2. Diabetes

Buah apel bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi diabetes. Caranya, ambil satu buah apel yamg sudah masak ukuran sedang. Kemudian belah menjadi empat bagian dan direbus dengan air 3-4 gelas sampai mendidih hingga airnya tinggal 2 gelas. Saring airnya, kemudian diminum dua kali sehari tiap pagi dan sore.

3. Kaya antioksidan
Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa quercetin mampu meningkatkan kekebalan tubuh, terutama ketika Anda sedang depresi.

4. Mencegah Risiko Alzheimer

Sebuah penelitian pada tikus menunjukkan bahwa mengonsumsi jus apel mampu mencegah penuaan otak. Tikus dalam penelitian yang mengonsumsi apel menunjukkan hasil tes yang lebih baik dalam hal kemampuan kognitif.

5. Kesehatan gigi

Menggigit dan mengunyah apel mampu merangsang produksi air liur dalam mulut. Hal ini akan mengurangi kemungkinan gigi keropos dan menurunkan tingkat bakteri dalam mulut.

6. Mencegah Katarak

Penelitian jangka panjang menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi diet buah kaya antioksidan seperti apel memiliki risiko terkena katarak 10 - 15 persen lebih sedikit.

7. Menurunkan Risiko Kanker

Peneliti di Cornell University telah mengidentifikasi beberapa senyawa bernama triterpenoids yang terdapat pada kulit apel. Senyawa ini diketahui mampu menghambat pertumbuhan sel kanker lever, usus besar, dan kanker payudara.

8. Meningkatkan Imunitas

Manfaat buah aple yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, hal ini dikarenakan buah apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Penelitian terbaru telah menemukan bahwa quercetin dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, terutama ketika pikiran sedang stres

9. Mencegah Wasir

Selanjutnya, manfaat buah apel yang sudah tidak diragukan lagi adalah untuk mencegah wasir. Wasir merupakan terjadinya urat bengkak di area anal walau tidak berdampak pada kematian, penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah bisa sangat menyakitkan. Wasir umumnya disebabkan oleh terlalu banyak tekanan di daerah panggul dan dubur. Serat dapat mengurangi mengejan terlalu ‘ekstrim’ saat pergi ke kamar mandi dan dengan demikian membantu meringankan wasir.

10. Mengeluarkan Racun di dalam Hati

Nah, ini dia salah satu khasiat buah apel yang sangat luar biasa, buah apel dapat mendetoksifikasi racun yang ada di dalam hati, sehingga hati kita lebih ringan kerjanya, karena memang hati kita merupakan protektor awal terhadap racun yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan antioksidan dapat membantu mendetoksifikasi hati dari berbagai zat atau racun dalam tubuh. 

11. Mengatasi Diare

Anda mengalami diare? Nah, serat yang ditemukan dalam apel dapat membantu mengatasi diare yang adnda derita. Serat baik dapat menarik air keluar dari usus untuk menjaga komponen di dalamnya untuk bergerak sepanjang hari untuk mendukung sembeit. Serat ini juga dapat menyerap kelebihan air dari kotoran yang artinya dapat membantu anda dalam proses diare.

12. Mengatasi Sembelit

Selain dapat mengatasi diare, buah aple juga berkhasiat untuk mengatasi sembelit atau susah BAB. Hal ini juga dikarenakan kandungan serat yang ditemukan dalam apel dapat membantu mengatasi sembelit yang anda derita. Serat baik dapat menarik air keluar dari usus untuk menjaga komponen di dalamnya untuk bergerak sepanjang hari untuk mendukung sembeit. Serat ini juga dapat menyerap kelebihan air dari kotoran yang artinya dapat membantu anda dalam proses diare. 

13. Mencegah Batu Empedu

Manfaat buah apel yang selanjutnya adalah dapat mencegah batu empedu, tahukah anda batu empedu terbentuk ketika ada terlalu banyak kolesterol dalam empedu sehingga ia cenderung mengeras. Efek jangka pendeknya adalah sangat memungkinkan anda akan obesitas. Untuk mencegah batu empedu, dokter menyarankan diet tinggi serat untuk membantu anda mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Apel sebagai salah satu buah super yang memiliki kandungan serat tinggi sangat baik untuk kesehatan.

14. Sehat untuk Jantung

Anda bisa memiliki jantun sehat dengan mengkonsumsi buah apel, hal ini didasari pada sebuah penelitian ekstensif telah menghubungkan asupan serat larut dengan penumpukan plak kolesterol di arteri. Fenolik, senyawa yang ditemukan dalam kulit apel juga mencegah kolesterol yang masuk ke sistem dan memperkuat dinding arteri. Ketika plak terbentuk di dalam arteri maka ia akan mengurangi aliran darah ke jantung, yang mengarah ke penyakit jantung koroner. Plak ini dapat dibersihkan dengan bantuan serat larut yang ada pada apel.

15. Menurunkan Kolesterol

Anda mengalami kegemukan? Bagi anda yang gemuk atau telah memiliki LDL yang tinggi sebaikanya beralih pada buah apel. Serat larut ditemukan dalam apel dapat mengikat lemak dalam usus, yang diterjemahkan dalam fungsinya untuk menurunkan kadar kolesterol.

16. Mencegah Parkinson

Buah apel juga bermanfaat untuk mencegah parkinson, hal ini sudah melalui penelitian ilmiah, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan buah-buahan dan makanan berserat tinggi lainnya mendapatkan manfaat dalam perlindungan terhadap penyakit Parkinson. Penyakit ini ditandai dengan gangguan memproduksi dopamin untuk sel-sel saraf otak. Para ilmuwan telah menghubungkannya dengan kekuatan antioksidan yang berfungsi melawan berbagai jenis radikal bebas.

17. Sehat untuk Otak

Manfaat buah apel untuk otak juga sangat luar biasa, buah ini telah terbukti dapat digunakan untuk melindungi sel-sel neuron yang dapat mencegak stres oksidatif yang disebabkan neurotoksisitas dan memainkan peran penting dalam mengurangi risiko gangguan neurodegenerative, seperti penyakit Alzheimer.

18. Mengendalikan Kadar Gula dalam Darah

Buah apel juga bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula dalam darah kita. Galacturonic acid disuplai apel untuk menurunkan kinerja tubuh dalam melepaskan hormon insulin. Maka dari itu, apel baik dikonsumsi bagi orang-orang yang mempunyai riwayat genetik terserang penyakit diabetes agar tidak bertambah dan menjadi lebih serius.

19. Menyehatkan Tulang

Buah aple juga bermanfaat untuk menyehatkan tulang. Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid (phloridzin) yang ada di dalam buah apel ini berfungsi mengurangi masalah osteoporosis pada wanita pasca monopouse. Kandungan Boron pada apel juga berfungsi memperkuat tulang pada tubuh agar tidak mudah keropos. Ini juga sangat baik bagi pencegahan timbulnya gejala penyakit rematik.


20. Menyehatkan Rongga Mulut

Dengan mengkonsumsi buah apel maka mulut akan terangsang untuk memproduksi air liur untuk membersihkan rongga mulut. Selain itu zat tanin yang terkandung pada apel, membersihkan plak yang merusak gigi dan gusi.

21. Mengurangi Resiko Gangguan Pernapasan

Tidak hanya untuk pencernaan, ternyata buah apel juga bermanfaat untuk pernafasan kita. Sebuah studi baru-baru ini  menunjukkan  bahwa anak yang mengkonsumsi jus apel secara rutin dapat menekan resiko penyakit pernapasan. Selain itu wanita hamil yang dengan rutin mengkonsumsi jus apel juga efektif menekan gangguan pada pernafasan  anak dalam kandungannya.

22. Membantu Kinerja Usus Halus

Buah ini juga dapat meringankan kinerja usus halus. Pencernaan tidak pernah lepas dari kerja usus halus sebagai pemroses makanan dan mengambil nutrisinya. Konsumsi apel secara teratur dapat mencegah konstipasi dan gangguan pencernaan yang terjadi pada usus.

23. Menyehatkan Payudara

Manfaat buah apel untuk wanita juga luar biasa, salah satunya adalah dapat menyehatkan payudara. Dengan mengkonsumsi apel secara teratur maka kanker payudara wanita dapat dicegah sedini mungkin.

24. Manfaat Apel untuk Diet

Anda ingin memiliki berat badan ideal? Konsumsilah Apel setiap hari secara teratur karena konsumsi apel dapat melancarkan pencernaan usus. Apel memiliki serat yang dapat membantu proses pencernaan.

25. Mencegah Pikun

Buah apel juga bermanfaat untuk mencegah pikun, hal ini dikarenakan kandungan quercetin pada apel yang dapat melindungi otak dari radikal bebas yang menyebabkan timbulnya penyakit al-zheimer. Studi ini dilakukan oleh sebuah Universitas ternama bernama Cornell.

26. Mencegah dan Mengobati Anemia

Anda kurang darah? Anemia merupakan kondisi dimana darah kekurangan hemoglobin untuk meningkatnya kembali dibutuhkan asupan zat besi yang sangat kaya terkandung dalam buah apel.

27. Mengembalikan Stamina Tubuh

Buah apel juga dapat mengembalikan stamina dengan cepat. Bagi anda olahragawan atau anda yang sedang stress, hal ini membuat asam laktat dalam tubuh meningkat. Jika tidak segera diatasi maka akan mengganggu organ dan kesehatan tubuh. Nah, apel mengandung kalium dan enzim yang dapat meredakan kelelahan saat olahraga dan mengurangi asam laktat dalam tubuh.

28. Mengembalikan Tubuh yang Lesu

Buah apel juga dapat mengembalikan kebugaran tubuh kit. Anda saat ini sedang tidak fit, segar, atau sedang merasa lesu lemas lunglai. Sebaiknya belilah apel sekarang juga di toko buah karena apel dapat mengembalikan kelehaman tubuh akibat berbagai macam faktor. Sayang baik dikonsumsi oleh pasien yang sedang dalam masa penyembuhan. Keseimbangan kesehatan tubuh dapat dicapai dengan mengkonsumsi apel secara teratur.

29. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah apel juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Tak hanya kulit tubuh, tapi kulit wajah juga menjadi lebih sehat. Maka tak jarang beberapa orang memanfaatkan apel sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat dan beberapa diantaranya juga memanfaatkan apel sebagai cara menghilangkan bekas jerawat.

30. Menekan Tumbuhnya Sel Kanker Paru-paru

Buah apel juga dapat menekan tumbuhnya sel kanker paru-paru, Informasi ini diambil pada sebuah studi yang melibatkan 10.000 partisipan. Seluruh partisipan tersebut mengkonsumsi apel dengan jumlah yang berbeda. Nah, uniknya partisipan yang mengkonsumsi apel dengan jumlah lebih banyak tidak beresiko terkena kanker paru - paru sebanyak 50%. Sampai saat ini masih diteliti lebih lanjut apakah zat bernama flavonoid, quercetin dan lain sebagainya yang mempengaruhi hal ini.

31. Menyehatkan Mata

Buah apel juga bermanfaat untuk menyehatkan mata, bahkan dapat mencegah berbagai masalah pada mata seperti rabun senja. Rabun senja adalah momok paling menakutkan bagi manusia karena dapat mengurangi ketajaman indera penglihatan. Jika Anda merasa sudah tidak bisa fokus melihat saat senja hari sebaiknya mulai sekarang konsumsilah apel karena Manfaat Buah Apel dipercaya dapat menyehatkan mata kembali.

32. Mencegah dan Mengobati Asma

Bagi anda yang suka mengkonsumsi jus apel, lanjutkan saja karena buah apel dapat mencegah penyakit ashma. Gangguan pernafasan ini memang tidak mengenal usia dapat menyerang seseorang mulai usia anak - anak sampai dewasa sekalipun.

33. Mencegah Dehidrasi

Manfaat buah apel lainnya juga dapat mencegah dehidrasi, 85% kandungan buah apel terdiri dari air. Dengan mengkonsumsi apel, Anda dapat terhindar dari dehidrasi.

34. Menangkal Radikal Bebas

Pada kulit apel dapat memproduksi zat bernama kuersetin. Zat kuersetin adalah sejenis zat yang berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas dan juga dapat berfungsi untuk melawan penuaan dini.

35. Menetralkan Irritable Bowel Syndrome

Buah apel juga bermanfaat untuk menetralkan Irritable Bowel Syndrome, sindrom ini adalah suatu kondisi medis yang diindikasikan dengan nyeri perut dan kram, serta ada perubahan pola buang air besar. Erat pula terhadap diare dan sembelit.Untuk mengontrol gejala tersebut, dokter merekomendasikan tiap orang untuk menghindari susu dan makanan berlemak dan menggantinya dengan asupan tinggi serat yang terdapat dalam buah apel. 

36. Memutihkan Gigi

Buah apel juga bermanfaat untuk memutihakn gigi, tahukah anda ternyata menggigit daging apel sama seperti menggosok menggunakan sikat dan pasta gigi, yang menjadikan apel lebih hebat dari kedua alat dan bahan untuk memutihkan gigi tersebut karena membantu meningkatkan sekresi air liur dalam mulut sehingga mencegah terjadinya kerusakan gigi.
Buah apel merupakan sikat dan pasta gigi alami yang juga merupakan rahasia gigi putih para dokter, jadi jika Anda ingin memiliki gigi yang putih berseri seperti para dokter, rajin-rajinlah makan buah apel saat waktu santai.

37. Menghilangkan Kantung Mata

Selain menyehatkan mata, buah apel juga dapat menghilangkan kantung mata. Lakukan perawatan dengan masker mata. Iris buah apel dan letakkan diatas kedua mata, pastikan agar kelopak juga tertutupi. Atau, Anda bisa mencampurkan 2 sendok makan sari apek dengan kentang parut untuk menutupi mata dengan memberi alas kain hangat. Setelah itu biarkan mata dirileksasi selama 10 sampai 20 menit, setelah itu bilas dengan air hangat.

38. Manfaat Buah Apel untuk Kecantikan

Buah apel juga bermanfaat untuk kecantikan seperti mengatasi kulit berjerawat, kendur dan berminyak. Caranya sangat mudah, campuran antara bubur apel mentah dan cuka sari apel yang dioleskan pada wajah dapat mengatasi masalah kulit wajah berminyak yang memicu timbulnya jerawat. Apel juga menyetarakan tingkat pH kulit yang menurunkan tingkat produksi minyak pada kulit wajah.
Untuk mengencangkan kulit wajah dan melancarkan sirkulasi darah ke seluruh lapisan kulit Anda bisa mengoleskan cuka sari apel pada wajah menggunakan kapas yang dibentuk bulat seperti bola. Perawatan ini sama halnya seperti toner. 

39. Mengangkat Kotoran yang Menempel di Kulit

Untuk melakukan perawatan wajah akibat kotoran yang menempel anda bisa menggunakan masker buah apel, cobalah membuat masker dari buah apel yang telah dimasukkan ke dalam lemari es selama satu jam atau lebih, kemudian balurkan pada seluruh kulit tubuh, terutama wajah.

40. Menyehatkan Kulit Kepala dan Rambut

Buah apel juga bermanfaat untuk menyehatkan rambut dan kulit kepala, berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara perawatannya:
Bahan-bahan:
  • 2 buah apel berukuran sedang, atau 4 apel berukuran sedang, sesuaikan dengan panjang rambut.
  • 2 sdm cuka apel.
  • 1 sdt jus lemon atau jeruk nipis.
  • 1 sdt tepung jagung.
Cara Membuat Produk Perawatan Alami:
  1. Belah apel, singkirkan bagian tengah, kemudian perut sampai halus ke dalam mangkuk.
  2. Tambahkan 2 sdm cuka apel dan 1sdt jus lemon/jeruk nipis juga 1 sdm tepung jagung, aduk rata.
  3. Balurkan pasta pel pada rambut dalam keadaan kering, tutup dengan shower cap, balut lagi dengan handuk, diamkan selama 30 menit.
  4. Jika sudah, bilas rambut dengan air hangat, kemudian keramas dengan menggunakan shampo.
  5. Perawatan ini bisa Anda lakukan seminggu sekali.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.